ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

ASI Dapat Kurangi Sindroma Kematian Bayi

Rabu, 15 Juni 2011 | 08:39 WIB

TRIBUN – Satu manfaat baik Air Susu Ibu (ASI) ditemukan lagi. ASI ternyata dapat mengurangi resiko sindroma kematian bayi mendadak atau Sudden Infant Death Syndrome (SIDS), sebuah penelitian baru mengatakannya.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Virginia, Amerika ini menemukan bayi yang diberi ASI eksklusif selama enam bulan mengalami penurunan 73 persen dalam risiko sindrom kematian bayi mendadak, sedangkan  bayi yang disusui dalam jumlah waktu yang lama mengalami penurunan 60 persen dalam risiko SIDS.

SIDS adalah kematian mendadak bayi usia kurang dari satu tahun yang tidak pernah ditemukan sebabnya dalam otopsi, menurut National Institutes of Health Amerika (NIH).

Untuk itu peneliti pun mereview 18 penelitian yang menguji hubungan antara menyusui dan risiko SIDS. Jenis penelitian yang mereka lakukan adalah meta analisis sehingga memberikan gambaran yang lebih besar dari penelitian sebelumnya.

Hasilnya mereka menemukan semakin lama bayi disusui, makin rendah risiko SIDS. Bayi yang disusui secara eksklusif, dan tidak diberi susu formula, untuk enam bulan pertama kehidupan memiliki risiko terendah sindrome ini.

“Ini disebabkan karena bayi yang diberi ASI lebih mudah terbangun dari tidur, dan ini dapat melindungi mereka dari SIDS ” kata salah satu peneliti Dr Fern Hauck.

Selain alasan di atas Hauck juga menambahkan kalau menyusui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi dan dapat melindungi bayi dari infeksi yang membuat mereka sangat rentan terhadap SIDS.

Sumber : Tribunews

June 15, 2011 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: