ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Satu Lagi Klinik Laktasi untuk Moms Jamin Pemberian ASI

Kamis, 4 Agustus 2011 – 14:31 wib
Lastri Marselina – Okezone

KESULITAN ibu menyusui memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada buah hatinya masih dianggap problema sepele. Padahal, pemberian ASI menjamin lahirnya tunas bangsa berkualitas dan generasi yang lebih baik.

Undang Undang Kesehatan No. 36 Tahun 2009 pasal 128 menyatakan pemberian Air Susu Ibu (ASI) menjadi hak setiap bayi dan selama pemberian ASI pihak keluarga, pemerintah, dan masyarakat harus mendukung ibu secara penuh dengan penyediaan fasilitas khusus. Inilah yang menjadi landasan pendirian klinik laktasi, seperti juga Klinik Laktasi RS Puri Cinere.

Sebagai salah satu alternatif, Klinik Laktasi RS Puri Cinere menempatkan posisi sebagai sumber informasi bagi ibu hamil untuk tentang manfaat ASI serta cara menyusui yang baik. Klinik turut memberikan konseling dan penatalaksanaan bagi ibu yang memiliki masalah menyusui.

“Saya apresiasi berdirinya Klinik Laktasi yang mendukung ‘10 Langkah Keberhasilan Menyusui’ yang dikeluarkan oleh WHO/UNICEF. Dengan begitu, RS Puri Cinere bisa meningkatkan mutu pilihan masyarakat Depok dan sekitarnya,” kata Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dr Endang Rahayu Sedyaningsih MPH Dr PH sebelum peresmian di Lobi RS Puri Cinere, Jalan Maribaya No. 1 Puri Cinere, Depok, Kamis (4/8/2011).

Klinik Laktasi RS Puri Cinere tercatat sebagai klinik laktasi ketiga di Jakarta. Kehadirannya diharapkan menggugah rumah sakit lain untuk membuka klinik laktasi.

“Diketahui, di Jakarta baru ada dua lokasi klinik laktasi yang terstandarisasi, yakni RS Carolus dan RS Kemang. Puri Cinere merupakan klinik laktasi ketiga,” kata dr RM Byar Sabardiman, Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RS Puri Cinere pada kesempatan yang sama.

Ditambahkan dr Asti Praborini SpA IBCLC selaku Ketua Tim Klinik Laktasi RS Puri Cinere, biaya konsultasi bersama konselor laktasi setara dengan biaya konsultasi dengan dokter umum.

“Pemberian ASI diketahui mampu meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap suatu penyakit, maka fee yang dikeluarkan merupakan langkah pencegahan yang lebih terjangkau dibandingkan fee yang dikeluarkan jika anak sakit,” tukas Dr Asti.

Untuk Moms yang ingin menjaga keberlangsungan ASI bagi buah hati, Klinik Laktasi RS Puri Cinere buka Senin hingga Sabtu, pukul 09.00-17.00 WIB dengan 6 konselor ASI siap melayani.
(ftr)
Sumber : Okezone.com

August 4, 2011 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: