ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Pemberian ASI Itu Adalah Hak Bayi! Bukan Pilihan

Tribunnews.com – Selasa, 20 September 2011 15:26 WIB
Pemberian ASI Itu Adalah Hak Bayi! Bukan Pilihan
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  ASI (Air Susu Ibu) adalah hak yang harus diterima oleh setiap bayi yang terlahir dan hidup di dunia, oleh karena itu hak tersebut harus dilindungi mengingat besarnya manfaat bagi bayi di masa depan.

“Bila tidak dilindungi, nanti setiap orang menganggap pemberian ASI sebagai pilihan semata. Jika itu yang terjadi, maka yang paling dirugikan dalam hal ini adalah bayi dan secara tidak langsung akan berimbas kepada kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar DR. Minarto, MPS, Direktur Bina Gizi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kepada wartawan di Jakarta, Selasa (20/9/2011).

Setidaknya di 6 bulan pertama setelah dilahirkan, itulah kebutuhan utama bayi pada ASI,” ujar Minarto. Menurutnya, hal ini karena ASI merupakan makanan sekaligus minuman alami yang memiliki kandungan nutrisi sempurna dan sangat baik jika dikonsumsi oleh bayi pada masa enam bulan pertama dalam kehidupannya.

“Jika ingin melanjutkan pemberian ASI hingga bayi berusia 2 tahun, jelas lebih baik lagi karena nutrisi yang terkandung dalam Air Susu Ibu contohnya seperti lemak sehat yang dapat menjadi sumber kalori bayi, lactalbumin yang lebih mudah dicerna dari pada kasein yang terdapat pada susu sapi, vitamin, karbohidrat, mineral, cairan dan zat antibodi yang dapat melindungi bayi dari penyakit, serta 100 zat penting yang lain,” jelasnya.

 

Penulis: Eko Sutriyanto  |  Editor: Anita K Wardhani
Sumber : Tribunnews

September 20, 2011 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: