ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Antibodi ASI Kurangi Penularan HIV

Penulis : Yulia Permata Sari
Jumat, 23 September 2011 09:30 WIB

ANTIBODI air susu ibu (ASI) diyakini mampu menetralisasi human immunodeficiency virus (HIV) dan membunuh sel-sel tubuh yang terinfeksi HIV.

Hal itu terungkap dalam sebuah makalah di Journal of Virology edisi September 2011. ”Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan respon-respon melalui vaksinasi bisa membantu mengurangi penularan HIV melalui menyusui,” ujar penulis makalah, Sallie Permar, dari Duke University, Durham, NC, seperti dikutip situs sciencedaily.com.

Sementara antibodi spesifik HIV telah diidentifikasi dalam ASI, studi ini merupakan yang pertama menyelidiki fungsi memblokir virus dari antibodi ini.

Meski demikian, statistik menunjukkan bahwa antibodi ASI melakukan pekerjaan yang tidak sempurna dalam melindungi bayi dari penularan HIV. Hampir setengah dari 350.000 infeksi baru HIV terjadi pada bayi setiap tahunnya ditularkan melalui ASI. Studi Permar memberikan perspektif bahwa hal itu menunjukkan besaran respon anti-HIV ASI masih rendah dibandingkan dengan yang berada di dalam plasma.

Oleh karena itu, respon tersebut perlu ditingkatkan. Untungnya, hasil studi menunjukkan bahwa saat ini kandidat vaksin HIV sistemik mungkin efektif untuk meningkatkan fungsi anti-HIV dari antibodi ASI, sekaligus mengurangi penularan HIV pascamelahirkan. Permar dan kawan-kawan menemukan bahwa aktivitas antibodi ASI terhadap HIV dan sel yang terinfeksi HIV diperantarai oleh antibodi lgG yang berasal dari aliran darah, bukan antibodi lgA, yang diproduksi kelenjar susu. (Yul/OL-06)

Sumber : Media Indonesia

September 23, 2011 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: