ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Sejuta Manfaat ASI

Tuesday, 13 December 2011
Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan sangat dianjurkan.Tak hanya bermanfaat bagi perkembangan bayi,ASI juga mendekatkan hubungan psikologi ibu dan anak.

Tidak diragukan lagi,ASI memegang peranan krusial bagi perkembangan dan pertumbuhan anak.Banyak penelitian ilmiah menunjukkan perkembangan kemampuan otak pada anak yang diberi ASI lebih baik dibanding anak yang tidak diberi ASI.IQ (intelligence quotient) anak yang mengonsumsi ASI bahkan mencapai 9 poin lebih tinggi. ASI memberikan nutrisi yang paling baik dan paling lengkap bagi pertumbuhan anak.

Di samping menjaga imunitas anak terhadap beraneka macam penyakit, seperti infeksi telinga,diare, demam, dan melindungi dari sudden infant death syndrome(SIDS) atau kematian mendadak pada anak. ASI yang juga berfaedah dalam melindungi anak dari alergi makanan,tak dimungkiri juga akan menghemat pengeluaran keluarga. Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Mia Sutanto menyatakan, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kelompok peneliti di Australia pada 2009,ASI mampu mengurangi risiko delapan gangguan mental terhadap anak.

Catharina Svanborg, profesor imunologi klinis di Universitas Lund,Swedia,menemukan bukti bahwa ASI juga melindungi anak dari risiko kanker. Catharina dan rekan peneliti lainnya yang berpusat di Universitas Lund ini menjelaskan, kemampuan ASI dalam memberikan perlindungan melawan beragam jenis kanker sebagai penemuan yang ajaib.Tentu saja masih banyak lagi fakta tentang pentingnya ASI bagi perkembangan dan pertumbuhan anak.

Manfaat ASI lebih jauh,menurut Mia Sutanto,bukan hanya meningkatkan kecerdasan IQ, tapi juga menaikkan EQ (emotion quotient) dan SP (spiritual quotient). Artinya, pemberian ASI secara benar dapat menimbulkan kemandirian dan kepercayaan diri pada anak. “Tidak kalah penting,menyusui punya dampak bagus bagi kedekatan hubungan emosional anak dengan ibu,bahkan bapaknya,” kata Mia.

Menurut Mia,kita patut bersyukur karena wanita Indonesia umumnya,baik yang tinggal di wilayah di perdesaan (rural) maupun perkotaan (urban) memiliki budaya yang kuat untuk menyusui anaknya. ASI eksklusif terbukti mampu mencerdaskan otak anak,terutama perkembangan dalam bidang perbendaharaan kata dan penalaran.Sebuah studi terbaru di Inggris mengungkap, anak-anak yang diberi air susu ibu (ASI) ternyata memiliki nilai lebih tinggi pada tes perbendaharaan kata dan penalaran pada usia lima tahun,dibanding mereka yang tidak diberi ASI.

ASI juga tampaknya membuat perbedaan besar bagi bayi prematur dan bisa membantu mereka mengejar ketertinggalan dalam perkembangan otaknya.” Ada asam lemak esensial dalam ASI yang baik untuk perkembangan sel pada umumnya dan peningkatan kemampuan otak pada khususnya,”kata Amanda Sacker,salah satu penulis dari studi baru ini yang berasal dari Institute for Social and Economic Research di University of Essex. Ada hormon penting yang tidak terdapat dalam susu formula.

”Selain itu, mungkin anak-anak yang diberi ASI mendapatkan lebih banyak pelukan.Ini tentu memberikan semacam keuntungan untuk mereka juga,”tutur Amanda seperti dikutip Reuters.Dalam temuan yang diterbitkan dalam The Journal of Pediatrics itu, Amanda dan timnya melakukan penelitian terhadap 12.000 bayi yang lahir di Inggris antara 2000 dan 2002.

Ketika bayi berusia sembilan bulan dan pada kunjungan-kunjungan berikutnya,orang tua telah ditanya apakah anak mereka diberi ASI dan sampai umur berapa.Kemudian pada usia lima tahun,anak-anak tersebut diminta mengikuti tes yang mengukur perbendaharaan kata,penalaran,dan keterampilan spasial. Sekitar enam atau tujuh dari 10 bayi umumnya diberi ASI untuk jangka waktu tertentu. novi/rendra

Sumber : SINDO

December 13, 2011 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: