ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Nice Story : Perjuanganku diantara Menyusui dan Spondilitis TB

Sharing Dari Ibu Diah Anggrahita dari milis sehat@yahoogroups.com

Dear All,

Sedikit ingin berbagi pengalaman saya relaktasi.

Diawali saat saya terdiagnosa spondilitis TB dan harus mendapatkan tindakan
operasi tulang belakang tepat saat usia anak kedua saya, Imara, menginjak 1
tahun.

Karena kondisi saya yg mengharuskan dirawat inap hampir 1 bulan, dan dengan
gerakan tubuh yg terbatas, obat2 serta alat bantu yg harus melekat pada
saya, dengan berat hati saat itu saya berhenti menyusui Imara dalam kondisi
weaning yg tergesa2 karena operasi yg harus segera dilakukan.

Bulan kedua pasca operasi, sekembalinya saya ke rumah, Imara ternyata
kembali meminta disusui. Setelah konsul dgn dsa dan dokter bedah orthopedi,
juga dengan pertimbangan kondisi saat itu saya sudah dapat tidur dgn posisi
tubuh miring kiri-kanan dan sedikit2 sudah dapat kembali duduk dan
berjalan, maka saya memutuskan untuk kembali menyusui di usia Imara 13
bulan.

ASI yang awalnya sudah betul2 kering sama sekali,  lambat laun berproduksi
lagi. Dan sampai saat ini di usia Imara 23 bulan, saya masih dapat menyusui.

Alhamdulillah saat minggu lalu adik saya melahirkan bayi perempuannya dalam
kondisi prematur dan membutuhkan donor ASI, saya masih dapat membantu
mendonorkan ASI untuk keponakan tercinta.

Mudah2an sharing ini bisa lebih menguatkan apa yang sudah disebutkan mbak
Ade, yang penting ketekunan serta keinginan yg kuat, insya Allah akan ada
jalannya.

PR saya berikutnya untuk weaning with love di usia Imara 2 thn, karena
Januari besok saya masih harus menjalani operasi tulang belakang lanjutan.
Sekalian mohon doanya di sini agar proses weaning dan operasinya dpt
berjalan lancar🙂

Rgds,
Diah

 

December 17, 2011 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

