ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Seberapa Sering Ibu Harus Memberi ASI?

Bramirus Mikail | Asep Candra | Kamis, 22 Desember 2011 | 09:51 WIB

KOMPAS.com – Adakah batasan bagi seorang ibu, seberapa sering ia boleh memberikan ASI  kepada buah hatinya? Kalau ada, berapa kali dan berapa lama dalam sehari? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini mungkin sering muncul dan disampaikan oleh orang tua kepada dokter.

Sebenarnya, tidak ada batasan seberapa lama atau sering seorang ibu harus menyusui bayinya. Pada awalnya, bayi akan disusui sekitar setiap dua sampai tiga jam. Pada masa awal ini, bayi biasanya akan menghisap selama 5-20 menit pada setiap payudara, bisa lebih cepat atau lebih lama tergantung keinginan bayi.

Bayi anda mungkin hanya ingin menyusu pada satu payudara dan setelah itu tertidur. Hal itu bukanlah masalah. Pada sesi menyusui berikutnya, upayakan untuk menyusu pada payudara yang satu lagi. Gunakan peniti pada bra untuk mengingat payudara mana yang terakhir. Jika bayi anda ingin menyusui dari dua payudara, berikanlah. Tidak perlu dijadwal, kapanpun bayi meminta berikanlah.

Perlu diingat, lambung bayi yang baru lahir itu kecil sekali. Akibatnya, mereka meminum ASI sedikit demi sedikit, dan sering (karena ASI sangat mudah dicerna dan diserap). Oleh karena itu, biarkanlah bayi mengatur kapan mereka mau menyusui. Tidak ada kata “jarak antar minum terlalu sebentar”, karena saat bayi mengatur asupan ASI mereka, payudara akan mengatur produksi ASI secara otomatis.

Jarak antar minum setidaknya 45 menit adalah cukup normal untuk bayi yang baru lahir. Lambat laun, jarak antar minum ini akan bertambah jarang dengan tumbuhnya bayi, hingga 2-3 jam sekali. Namun, sewaktu waktu, ada saatnya bayi mengalami lonjakan pertumbuhan (growth spurts), selama kira-kira 2-3 hari.

Growth spurts
seringkali terjadi usia 3 minggu, 6 minggu, 3 bulan, dan 6 bulan. Saat itu, bayi akan membutuhkan lebih banyak ASI dari sebelumnya, sehingga dia akan meminta lebih sering bahkan setiap setengah jam, selama 2-3 hari itu. Tetapi hal itu tak menjadi soal, turuti saja kemauan bayi seberapa seringnya pun, karena payudara anda akan beradaptasi dengan membuat ASI lebih banyak lagi.

Setelah beberapa hari, jarak antar menyusui akan menjadi lebih jarang kembali. Intinya, kalau menangis, segera berikan ASI

Sumber : Kompas

December 22, 2011 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: