ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

3 Syarat Agar Ibu Bekerja Lancar Menyusui

Asep Candra | Rabu, 29 Februari 2012 | 09:22 WIB

SHUTTERSTOCK

Menjadi ibu bekerja sekaligus ibu rumah tangga memang tak mudah, namun ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan keduanya
TANYA :

Pada tahun 2009, saya melahirkan bayi perempuan secara bedah caesar , dan air susu saya keluar hanya sedikit sekali sehingga anak saya tidak bisa menyusui.  Kondisi itu akhirnya membuat bayi saya harus minum susu formula, padahal saya sudah berupaya dengan berbagai cara, mulai dari minum obat lancar asi sampai makan kacang-kacangan. Menurut dokter, kemungkinan hal itu karena HB saya rendah dan stres yang dialami karena saya wanita pekerja.  Bagaimana caranya agar asi bisa keluar dengan deras, mohon bantuannya, karena saya ingin punya anak kembali dan ingin menyusui? Terima dan mohon penjelasan

(Dini, 31, Jakarta)

 

 

JAWAB:

Hai mom Dini. Wah, senang sekali deh baca semangat mom Dini, meskipun anak pertama kurang lancar menyusuinya tapi tidak lantas menyerah dan tetap berusaha untuk bisa memberikan ASI jika punya anak lagi.  Keberhasilan menyusui ditentukan oleh beberapa hal, dan memang idealnya seorang (calon) ibu mendapatkan hal-hal ini sehingga kegiatan menyusuinya berjalan dengan lancar.  Setidaknya ada tiga hal yang dapat membantu agar proses menyusui menjadi lancar.

1. Mendapatkan informasi dan edukasi yang tepat dari sumber yang terpercaya tentang ASI dan menyusui. Makanya, saya menyarankan mom Dini untuk mengikuti kelas edukASI yang diselenggarakan AIMI.

2. Dukungan semua pihak, yang terpenting suami dan keluarga, serta rumah sakit dan dokternya. Cari tempat bersalin yang mendukung IMD, ASI eksklusif dan rawat gabung, serta cari tenaga kesahatan yang pro ASI. lebih bagus lagi kalau dokternya juga seorang konselor menyusui atau seorang konsultan laktasi. Pastikan bahwa mom Dini punya nomor telpon klinik laktasi atau konselor menyusui yang bisa dihubungi apabila menghadapi tantangan seputar menyusui. Bergabung dengan kelompok pendukung inu menyusui seperti milis Asiforbaby, bergabung jadi member AIMI atau ikutan pertemuan kASIh ibu.

3. Perlindungan terhadap hak-hak ibu bekerja untuk tetap dapat memberikan ASI eksklusif kepada bayinya meskipun sudah kembali bekerja. Perusahaan memberikan dukungan dalam bentuk waktu/kesempatan memerah selama jam kerja dan fasilitas/ruangan untuk memerah ASI.

Pikiran yang positif, tenang dan percaya diri juga sangat menentukan keberhasilan menyusui…dan yang terpenting, susuilah bayi anda sepenuh hati. Salam ASI!

Sumber : Kompas

February 29, 2012 - Posted by | Q&A/ Sharing ASI

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: