ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

WAJIB ASI: Ibu wajib beri ASI ekslusif

 Oleh Irsad Sati

Sabtu, 24 Maret 2012 | 20:15 WIB

 Large_asi

JAKARTA: Pemerintah mewajibkan setiap ibu yang melahirkan memberikan ASI eksklusif kepada bayi yang dilahirkannya untuk menjamin pemenuhan hak bayi hingga berusia 6 bulan.

 

Terkait dengan aturan ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  pada awal bulan ini telah menandatangani PP No. 33/2012 tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif.

 

Sekretariat Kabinet menjelaskan pengecualian bebas dari wajib memberikan ASI eksklusif diberikan di antaranya bila ada indikasi medis  yang dilakukan oleh dokter atau bidan/perawat yang memenuhi ketentuan, ibu bayi tidak ada, atau Ibu bayi terpisah dari bayi.

 

“Tenaga kesehatan dan penyelenggara fasilitas pelayanan kesehatan wajib melakukan inisiasi menyusu dini terhadap bayi yang baru dilahirkan kepada ibunya   paling singkat selama 1 jam,” ujar publikasi Setkab mengutip bunyi Pasal 9 Ayat 2 dari PP tersebut, Sabtu, 24 Maret 2012.

 

Dalam hal ini, lanjutnya, inisiasi dilakukan dengan cara meletakkan bayi secara tengkurap di dada atau perut ibu sehingga kulit bayi melekat pada kulit ibu.

 

Bahkan, ungkapnya, ada aturan yang meminta tenaga kesehatan dan rumah sakit menempatkan ibu dan bayi dalam satu ruangan atau rawat gabung, kecuali atas indikasi medis yang ditetapkan oleh dokter.

 

Dalam hal ibu kandung tidak dapat memberikan ASI Eksklusif bagi bayinya, menurut PP tersebut, pemberian ASI ekslusif dapat dilakukan oleh pendonor ASI sesuai permintaan ibu kandung atau keluarga bayi.

 

“Pendonor ASI harus memenuhi persyaratan di antaranya, identitas, agama, dan alamatnya diketahui dengan jelas oleh ibu atau keluarga dari bayi penerima ASI.” (tw)

Sumber : bisnis

March 24, 2012 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: