ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Bu, Jangan Lewatkan Investasi ASI Ya

Tribunnews.com – Rabu, 18 April 2012 13:59 WIB
 Bu, Jangan Lewatkan Investasi ASI Ya
IST
ILUSTRASI

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Agustina N.R

TRIBUNNEWS.COM – Satu hal yang kadang terlupakan, saat masih bayi, investasi termahal adalah antibodi. Modal tersebut ada pada konsumsi kolostrum, yakni air susu ibu (ASI) yang keluar pada tujuh hari pertama. Sangat disayangkan kalau sampai terlewatkan.

Hal lain yang patut diperhatikan adalah pemberian ASI pada setengah tahun pertama yang tak boleh putus. Syarat ini biasanya terlupakan begitu saja oleh ibu muda yang berstatus bekerja. Setelah selesai cuti tiga bulan, saat mulai sibuk, kala itu juga kebiasaan minum ASI seperti dinomorduakan.

“Padahal sangat penting, tak boleh ada yang terlewatkan sedikitpun dalam setengah tahun pertama. Saat itu, kondisi dan kandungan gizi ASI sangat komplit dan kadarnya lebih tinggi. Setelah enam bulan, tetap diberi ASI, tapi sudah bergeser dengan asupan makanan tambahan,” kata dr. Ariani Dewi Widodo, SpA, seorang dokter spesialis anak.

Menurutnya ASI menjadi makanan terbaik bagi bayi, karena memiliki imunoglubin yang berguna meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi, juga dapat meningkatkan IQ atawa tingkat kecerdasan anak kelak. Sebaiknya berikan bayi ASI eksklusif selama 6 bulan, jika Anda mampu memberikan hingga 24 bulan, itu jauh lebih baik.

Anda dapat memberikan anak makanan pendamping ASI (MPASI) setelah enam bulan. Pertama kenalkan MPASI yang berupa sayur atau buah satu persatu. Jangan campurkan banyak bahan dalam satu wadah. Makanan yang fresh atau dimasak lebih baik dari pada makanan instan. Karena makan bukan masalah berat badan, tetapi melatih gigi dan mulut, serta belajar mengunyah.

Sumber : tribunnews

April 18, 2012 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: