ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Lawan HIV dengan ASI

24/05/2012 07:28 | 

Liputan6.com, London: Air Susu Ibu (ASI) memegang peranan penting dalam mengembangkan vaksin untuk virus HIV. Ternyata ASI memiliki kandungan untuk mengembangkan antibodi yang membantu menghentikan virus HIV.

Para peneliti dari Duke University Medical Center di Durham, Amerika Serikat, melakuan penelitian dengan mengisolasi antibodi dari sel-sel imun yang disebut sel B dalam ASI dari ibu yang terinfeksi HIV. Hasilnya, menunjukkan bahwa sel B dalam ASI dapat menghasilkan antibodi yang dapat menghambat virus penyebab AIDS.

“Pekerjaan kami membantu menetapkan bahwa sel-sel B dalam ASI dapat menghasilkan antibodi penawar HIV. Sehingga meningkatkan respons mukosa sel-B untuk menghasilkan antibodi yang akan berguna dalam melawan virus mematikan tersebut. Ini merupakan rute yang mungkin dilakukan untuk mengeksplorasi pengembangan vakisn untuk HIV- 1,” ungkap Sallie Permar, MD, Ph.D, peneliti.

HIV-1 memang dapat ditularkan dari ibu ke anak melalui ASI. Tapi hanya satu dari 10 ibu menyusui yang terinfeksi HIV bisa menularkan virus kepada bayi mereka.

Ia menambahkan, antibodi yang diisolasi adalah antibodi HIV pertama dari ASI yang bereaksi dengan HIV-1. Hal itu penting untuk memahami cara kandungan ASI bekerja untuk menyerang HIV-1.

Hasil penelitian juga menemukan penularan HIV-1 paling sering terjadi pada situs mukosa dalam tubuh, permukaan dilapisi dengan sel epitel, seperti saluran pencernaan atau jaringan vagina. Kompartemen mukosa memiliki sel sistem kekebalan tubuh mereka sendiri.(ZeeNews/ULF)

 
Sumber : Liputan6

May 24, 2012 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: