ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Catatan penting sebelum mendonorkan ASI

Rabu, 1 Agustus 2012 16:00 WIB | 767 Views

Ilustrasi Ibu menyusui (pregnancy.about.com)

 
 

Jakarta (ANTARA News) – Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh para ibu yang ingin menjadi pendonor ASI atau pun menerimakan donor ASI untuk bayinya, kata anggota Satgas ASI dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, Dr. Rosalina Dewi Roeslani, Sp.A.

“Donor ASI memang membantu para ibu yang kesulitan dalam memproduksi asi, namun hal ini juga bisa menjadi pengantar penyakit yang membahayakan bayi, bila ibu tidak memperhatikan tata laksana dengan benar,” kata Rosalina dalam seminar tentang donor ASI yang digelar Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Ibu menyusui yang ingin menjadi pendonor ASI harus menjalani pemeriksaan lisan dan tulisan, serta pemeriksaan laboratorium. Hal ini dikarenakan ASI adalah media transmisi penyakit seperti CMV, hepatitis B dan C, HIV, rubella, varicella, virus west nile, HTLV tipe 1, HTLV tipe 2, serta bakteri berbahaya lainnya.

“Setelah dinyatakan sehat, maka ibu baru boleh menjadi donor ASI. Tidak hanya sekedar sehat, namun beberapa hal mengenai kesehatan pribadi ibu juga harus diperhatikan pada saat pemeriksaan,” ujar Rosalina.

Tidak sampai di situ, ibu penerima donor ASI juga harus mengetahui tata laksana pemberian ASI donor kepada bayinya. Rosalina mengungkapkan bahwa mulai dari penyimpanan hingga sebelum ASI diberikan, harus melalui prosedur yang tepat.

“ASI harus disimpan dalam ruangan pendingin dengan suhu tidak lebih dari -20 derajat celsius. Setelah itu proses pasteurisasi juga harus dilakukan sebelum ASI diberikan kepada bayi,” kata Rosalina.

Rosalina mengungkapkan bahwa kedua proses tersebut efektif membunuh kuman dan virus mematikan seperti CMV, HIV, dan HTLV, yang mungkin terdapat dalam ASI, hingga 98,8 persen.
(M048)

 
Sumber : Antara

August 1, 2012 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: