ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Kemenkes godok peraturan tentang donor ASI

Rabu, 1 Agustus 2012 14:42 WIB | 1156 Views

Kemenkes (istimewa)

 
 

Donor ASI juga harus aman dan terkendali pengaturannya

Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Kesehatan melalui Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak sedang menyusun Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) tentang donor Air Susu Ibu (ASI).

Hal tersebut dikatakan Direktur Bina Gizi Kementerian Kesehatan, Minarto, pada seminar mengenai donor ASI dalam rangka menyambut Pekan ASI Sedunia 2012. Kegiatan ini digelar Ikatan Dokter Anak Indonesia, di Jakarta, Rabu.

Ketika disinggung mengenai donor ASI yang masih menjadi mengundang pro dan kontra, Minarto mengatakan bahwa Permenkes yang sedang digarap, akan disesuaikan dengan pola dasar kesehatan, kultur, serta agama.

“Donor ASI juga harus aman dan terkendali pengaturannya, maka harus ada yang memantau dan itu yang kini masih dibicarakan di kementerian,” kaya Minarto.

Minarto mengemukakan rasa prihatinnya karena kini masih terjadi jual beli ASI yang seharusnya tidak dilakukan oleh masyarakat.

“Hal ini pula yang akan kami atur di dalam peraturan yang masih digodok itu, karena ASI merupakan hak bayi yang harus dipenuhi,” kata Minarto.

Peraturan mengenai donor ASI tersebut akan terangkum dalam PP No.33 tahun 2012, yang mengatur tentang pemberian ASI eksklusif, pendonor ASI, penmgaturan penggunaan susu formula bayi dan produk bayi lainnya, pengaturan bantuan produsen atau distributor susu formula bayi, saksi terkait, serta pengaturan tempat kerja dan sarana umum dalam mendukung program ASI Eksklusif.

Minarto juga menekankan bahwa sosialisasi mengenai fasilitas pojok menyusui yang harus dimiliki oleh sarana umum dan tempat kerja, harus terus dilakukan sebagai bentuk dukungan untuk pemberian ASI eksklusif.

“Bila peraturan ini sudah berlaku, maka kami akan memberikan sanksi pada gedung sarana umum dan tempat kerja, yang belum memberikan fasilitas untuk tempat menyusui,” demikian Minarto.
(M048)

 
Sumber : Antara

August 1, 2012 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: