ASI ( Air Susu Ibu )

– more fresh… HEALTHIER and free –

Dorong Pemberian ASI Eksklusif, China Akan Larang Iklan Susu Formula

Selasa, 21 April 2015 | 19:31 WIB
BEIJING, KOMPAS.com – Pemerintah China berencana untuk melarang iklan susu formula untuk mendorong kampanye ibu menyusui di negeri itu.

Para anggota parlemen China mulai membahas sebuah rancangan amandemen undang-undang periklanan yang sudah berlaku di negeri itu. Dalam rancangan tersebut diatur bahwa semua iklan susu formula dan makanan bayi yang ditujukan sebagai pengganti air susu ibu dilarang ditampilkan di media massa atau ruang publik.

Para pengiklan, pengusaha dan penerbit yang melanggar aturan ini akan dijatuhi hukuman denda maksimal 1 juta yuan atau sekitar Rp 2 miliar. Demikian salah satu isi rancanangan amandemen undang-undang tersebut.

Pada 2008, kurang dari sepertiga bayi di China yang mendapatkan ASI ekslusif. Buruknya data ini kerap diasosiasikan dengan propaganda selama satu dekade yang dilakukan pabrik-pabrik susu formula yang mendorong para ibu di China untuk tidak terlalu lama memberikan ASI bagi bayi mereka.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir angka ibu menyusui di China terus meningkat, apalagi pemerintah terus mendorong para ibu memberikan ASI kepada bayi mereka dengan menyediakan ruang-ruang menyusui di lokasi-lokasi publik.

Tak hanya itu, pemerintah China juga menyediakan aplikasi telepon pintar yang bisa memberikan informasi seputar ruang menyusui bayi di berbagai lokasi di negeri itu.

Menurut kabar dari stasiun televisi pemerintah CCTV, pemerintah China berharap pada 2020 jumlah ibu yang memberikan ASI eksklusif untuk bayi mereka meningkat hingga 50 persen.

Di sisi lain, China merupakan pasar yang sangat besar untuk susu formula bayi yang pada 2016 diperkirakan bernilai hingga 30 juta dolar AS. Sehingga rencana pemerintah China itu nampaknya sulit mendapat dukungan dari berbagai produsen susu formula asing seperti Danone dan Mead Johnson yang menjadikan China sebagai pasar utama mereka.

Sumber : Kompas

April 22, 2015 - Posted by | Article

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: